You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Cara Jaga Kesehatan Anak di Sekolah

Musim liburan sudah usai, kini saatnya anak untuk kembali bersekolah. Namun, tidak sedikit orang tua yang merasa cemas saat anak kembali bersekolah karena di sekolah anak-anak lebih rentan terserang penyakit. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak di sekolah:


Biasakan Mencuci Tangan

2Q==

Mencuci tangan adalah hal yang sederhana namun sering terlupakan. Padahal, cara ini efektif untuk mencegah penyebaran mikroorganisme yang menempel pada kulit. Ingatkan anak Anda untuk biasa mencuci tangan selama 20 detik sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas, seperti makan, pergi ke toilet, dan bersin. Anda juga bisa membawakan anak hand sanitizer ke sekolah.


Rutin Sarapan Pagi

Z

Sarapan pagi sebelum berangkat sekolah adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak. Dengan sarapan, anak bisa berkonsentrasi lebih baik. Banyak anak yang sering melewatkan sarapan karena terburu-buru ke sekolah. Jika tidak ingin anak Anda melewatkan kebaikan dari sarapan pagi, cobalah untuk membuat makanan yang mudah dibawa dan bernutrisi, misalnya snack bar yang mengandung kacang kedelai dan buah-buahan atau roti isi sayuran dan daging.



Bekali Air Mineral

9k=

Anak-anak sering kali tertarik untuk membeli minuman di sekolah khususnya minuman dengan warna yang mencolok seperti minuman sejenis sirup atau minuman bersoda yang diberi zat pewarna. Berikan anak pengertian bahwa minuman tersebut tidak sehat dan dapat menjadi sumber penyakit. Selain itu, biasakan untuk menyiapkan air mineral. Membekali anak dengan minuman sirup sebaiknya dihindari untuk mencegah konsumsi gula berlebih.


Batasi Pemberian Uang Saku

2Q==

Memberikan anak uang saku yang berlebihan akan mendorong anak untuk bertindak konsumtif. Anak akan merasa memiliki kemampuan untuk membeli apa pun yang diinginkan, meskipun berbahaya bagi kesehatannya. Karena itu sebaiknya batasi uang saku agar anak hanya membeli jajanan sesuai dengan kebutuhannya saja.


Berikan Vitamin Secukupnya

2Q==

Pastikan asupan vitamin anak dapat terpenuhi melalui makanan yang bernutrisi dan penuh gizi. Bila daya tahan tubuh anak menurun akibat aktivitas yang padat atau beberapa kondisi lainnya seperti terserang penyakit, dalam kondisi diet, atau nafsu makan anak yang rendah, Anda dapat memberikan vitamin tambahan. Usahakan untuk memberikan vitamin secukupnya agar gizi anak terpenuhi dan tidak berlebihan.


Sumber:
“Cara Menjaga Kesehatan Anak Di Sekolah”: https://doktersehat.com/cara-menjaga-kesehatan-anak-disekolah/
“5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat di Sekolah”: https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/anak-sehat-saat-sekolah/
“Apakah Anak Perlu Diberikan Suplemen Vitamin?”: https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/apakah-anak-perlu-diberikan-suplemen/
“Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Beri Suplemen untuk Anak”: https://www.halodoc.com/jangan-sembarangan-ini-4-tips-beri-suplemen-untuk-anak

Bagikan
Artikel Terkait