You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Tips Mencegah Penyakit Saat Banjir

Menjaga kesehatan tubuh saat banjir merupakan hal yang perlu diperhatikan, sebab banjir dapat membawa berbagai penyakit yang bisa menginfeksi siapa saja. Berikut adalah beberapa cara mencegah penyebaran penyakit ketika banjir, di antaranya:


Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Bersih

2Q==

Cuci tangan sebelum dan setelah makan, sebelum dan setelah buang air, dan setelah beraktivitas. Menjaga tangan tetap bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih merupakan cara yang paling efektif untuk menurunkan risiko terserang penyakit.


Sterilkan Air yang Ingin Dikonsumsi dengan Merebusnya

2Q==

Pastikan untuk selalu mengonsumsi air minum bersih dan matang. Sebaiknya rebus air bersih terlebih dahulu untuk menghindari kuman dan bakteri yang ada pada air tersebut, karena mengonsumsi air keran tanpa merebusnya terlebih dahulu dapat menjadi sumber berbagai penyakit.


Hindari Makanan yang Mungkin Terkontaminasi dengan Air Banjir

9k=

Menjaga makanan tetap bersih yakni salah satu caranya adalah dengan membuang makanan yang sudah terkontaminasi. Jika terdapat makanan atau minuman yang sudah terkena air banjir, sebaiknya tidak dikonsumsi sehingga risiko keracunan makanan dapat diminimalisir dan tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.


Cuci Bersih dan Keringkan Peralatan Makan

9k=

Sebelum mengonsumsi makanan dan minuman saat banjir, pastikan selalu menggunakan alat makan yang telah dicuci dengan sabun dan air bersih, serta keringkan dengan sempurna. Khusus untuk balita, pastikan alat makan sudah dibilas dengan air bersih. Bila memungkinkan gunakan air panas untuk mencucinya agar alat makan lebih steril dan bebas dari kuman.


Segera Bersihkan Kaki Jika Terendam Air

9k=

Genangan air yang disebabkan oleh hujan menyimpan kotoran dan bakteri penyebab penyakit. Karena itu, segera cuci kaki dengan air dan sabun setelah melewati genangan air. Jika perlu, gunakan cairan antiseptik untuk membersihkan kaki dan oleskan juga gel antiseptik pada kulit kaki secara merata untuk membersihkan berbagai jamur dan bakteri secara efektif.


Sumber:
“Banjir Besar Jakarta 2020: Bagaimana Cara Tetap Sehat?”: https://www.halodoc.com/banjir-besar-jakarta-2020-bagaimana-cara-tetap-sehat
“Tiga Penyakit Musim Hujan yang Mengintai Bersama Banjir”: https://www.alodokter.com/tiga-penyakit-yang-mengintai-bersama-banjir-di-musim-hujan
“Banjir dan Genangan Air Dimana-Mana, Lakukan Hal Ini Agar Kaki Tidak Mudah Gatal-Gatal”: https://doktersehat.com/banjir-dan-genangan-air-dimana-mana-lakukan-hal-ini-agar-kaki-tidak-mudah-gatal-gatal/

Bagikan
Artikel Terkait