You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Resolusi sehat pada tahun 2020

Setiap awal tahun sering kali dikaitkan dengan resolusi. Ada baiknya untuk menjadikan kesehatan sebagai resolusi yang akan dibuat untuk satu tahun ke depan. Memiliki gaya hidup sehat adalah resolusi yang sangat baik untuk masa depan. Berikut resolusi sehat yang mudah untuk dilakukan:


Memperbanyak Minum Air

Pastikan untuk membiasakan minum air menjadi salah satu resolusi tahun 2020 Anda. Air sangat penting untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mengatur suhu tubuh, memelihara kesehatan ginjal dan usus, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah dehidrasi, sembelit, mulut kering, dan penyakit ginjal. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas setiap hari atau setara dengan 1,5 liter untuk penuhi kebutuhan air dalam tubuh.    


Jalan Kaki Setiap Pagi atau Sore

Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk berolahraga. Karena itu sempatkanlah untuk berjalan kaki atau jogging ringan setiap pagi dengan bangun agak pagi atau setiap sore hari setelah pulang bekerja. Cukup lakukan aktivitas ini selama 10-15 menit. Meskipun hanya berjalan kaki atau jogging, olahraga ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya ialah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.    


Mengunyah Makanan Pelan-Pelan

Secara umum, mengunyah makanan dengan perlahan akan lebih memberikan rasa kenyang daripada makan terburu-buru. Sebab, makan terlalu cepat dapat membuat sistem pencernaan tidak memiliki waktu yang cukup untuk bekerja optimal, terutama dalam memberikan rasa kenyang setelah makan. Selain itu mengunyah makanan terlalu cepat bisa meningkatkan risiko diabetes hingga dua kali lebih besar dibanding mengunyah makanan perlahan hingga halus.    


Batasi Konsumsi Kopi dan Hindari Minuman Bersoda


Kopi memang baik untuk kesehatan karena bisa memberikan dorongan semangat, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat Anda ketagihan. Dampak dari kondisi ini adalah kenaikan detak jantung, pusing, mual, hingga perubahan emosi. Hindari juga minuman bersoda yang tidak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak gula. Mengonsumsi banyak minuman bersoda bisa membuat Anda menjadi obesitas dan memiliki peluang diabetes yang cukup tinggi, karena itu kurangi atau hentikan konsumsi dua minuman tersebut sejak awal tahun.    


Rutin Melakukan Pengecekan Kesehatan 

Satu hal yang perlu Anda ketahui jika ingin hidup sehat adalah bahwa tidak semua penyakit menunjukkan gejala di awal perkembangannya. Beberapa gejala baru terjadi setelah penyakit sudah semakin parah. Jika sudah berada pada tahap ini, penyembuhan akan sulit untuk dilakukan. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah pengecekan dini. Lakukan pengecekan kesehatan secara rutin setiap setahun sekali atau dua kali. Dengan pengecekan ini, Anda bisa mengetahui jika terjadi masalah kesehatan pada tubuh Anda dan dapat segera diatasi.    


Sumber:

“7 Resolusi Sehat Sederhana untuk Menyambut Tahun Baru”: https://doktersehat.com/resolusi-sehat-tahun-baru/

“5 Resolusi Sehat di Tahun 2019 yang Mudah Dicapai”: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/resolusi-tahun-2019-hidup-sehat/


Artikel Terkait