You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Belajar dari Elon Musk, Cara Menjadi Sosok yang Luar Biasa

Elon Musk, nama pengusaha muda yang sangat mendunia ini merupakan sosok yang luar biasa. Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari keberhasilannya membangun kerajaan bisnis di bidang teknologi tersebut. 

Namun, siapa sangka bahwa di balik kegemilangan dan kesuksesannya yang luar biasa, ada kisah jatuh bangun Elon Musk dalam membesarkan perusahaan Tesla, SpaceX, Neuralink dan lainnya yang sangat berharga untuk kita ambil hikmahnya.

Kisah Perjalanan Karir Elon Musk

1. Awal Mula Kehidupan Elon Musk

Elon Musk dilahirkan dengan nama lengkap Elon Reeve Musk merupakan seorang investor, pengusaha dan insinyur muda yang berpengaruh di dunia. Sosok pengusaha dan miliarder muda ini dilahirkan di Afrika Selatan pada tanggal 28 Juni 1971.

Sosok yang cemerlang ini bahkan tercatat telah menjadi seorang miliarder di usia muda yakni akhir 20an. Hingga ia berusia 17 tahun, Elon Musk menghabiskan masa kecilnya di Afrika Selatan. Kemudian ia pindah ke Kanada untuk melanjutkan kuliah di Queen’s University.

Elon Musk juga melanjutkan perkuliahannya di University of Pennsylvania untuk meraih gelar fisika dan bisnis. Ia pun terus melanjutkan pendidikan S3 pada bidang energi fisika di Universitas Stanford. Hanya saja, ia hanya berkuliah selama 2 hari saja dan memutuskan untuk keluar.

2. Awal Perjalanan Bisnis Elon Musk

Perusahaan pertama yang didirikan Elon Musk adalah Zip2 yang bergerak di bidang lisensi online pada tahun 1995. Tidak lama kemudian perusahaan itu dijual Elon Musk ke Compaq dengan harga kurang lebih Rp 2,5 T dengan kurs pada saat itu.

Elon Musk pun terus melebarkan sayapnya dengan kembali mendirikan perusahaan bernama X.com yang bergerak di bidang perbankan digital. Perusahaan ini kemudian bergabung dengan Confinity di tahun 2000 hingga terbentuk menjadi PayPal. Namun, di tahun 2002 PayPal kemudian dibeli oleh eBay.

3. Pendirian Perusahaan SpaceX dan Tesla

Di tahun yang sama ia menjual PayPal, Elon Musk kemudian mendirikan perusahaan baru bernama SpaceX. SpaceX yang masih dimilikinya hingga saat ini bergerak di bidang manufaktur dirgantara serta perjalanan ruang angkasa. 

Selanjutnya di tahun 2003, Elon Musk kembali ikut serta dalam pendanaan Tesla Inc yang bergerak di bidang otomotif listrik serta pembuatan panel surya. Elon Musk ikut bergabung dalam proyek Tesla Inc karena kecintaannya pada teknologi ramah lingkungan. 

Pada tahun 2006, Elon Musk kembali mendirikan perusahaan di bawah Tesla bernama SolarCity. Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur energi surya. 

Prinsip Hidup Elon Musk yang Luar Biasa

Ada banyak hal dari Elon Musk yang bisa kita pelajari untuk menjadi sosok yang luar biasa.

1. Bertindaklah Meski Ada Kekhawatiran

Kekhawatiran itu biasa, namun jangan jadikan kekhawatiran atau ketakutan akan kegagalan menghalangi Anda untuk bergerak. Itulah yang menjadi prinsip hidup Elon Musk hingga ia berani terus melangkah dan mengembangkan perusahaan teknologi yang terbilang masih cukup baru tersebut.

2. Berfokuslah pada Kepuasan Pelanggan

Fokuslah pada kepuasan pelanggan. Dalam mengembangkan produk dan jasa ketahuilah terlebih dahulu apa yang sekiranya disukai dan dibutuhkan target konsumen Anda. 

3. Tahan Banting

Menjadi sosok pebisnis muda yang luar biasa artinya Anda harus kuat tahan banting menghadapi segala risiko dan tantangan menghadang. Bahkan, Elon Musk mengatakan bahwa menjadi pengusaha itu seperti menatap jurang kematian dan memakan gelas. 

Untuk dapat memiliki ketahanan yang kuat tentu harus didukung oleh tubuh yang sehat dan bugar. Vitabiotics menghadirkan berbagai suplemen kesehatan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Ingat, keinginan yang kuat juga harus diiringi oleh fisik mendukung.

Bagikan
Artikel Terkait