You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Cara Alami Atasi Flu dan Batuk


Cuaca yang berubah-ubah seperti minggu ini rentan membuat sistem imun tubuh melemah dan mudah terserang flu batuk. Jika kamu sudah terlanjur terserang flu batuk, yuk lakukan tips ini untuk mengatasi flu dan batuk kamu!·


Konsumsi Air Putih Lebih Banyak

Ketika terserang flu dan batuk, kamu memerlukan lebih banyak cairan untuk meringankan rasa gatal dan sakit di tenggorokan. Ketika kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih untuk menjagamu tetap terhidrasi dan menghindari pembengkakan serta peradangan tenggorokan semakin memburuk.


Mandi Air Panas

Mandi air hangat menjadi pilihan bagus untuk meredakan flu dan batuk. Uap dari air hangat bisa meredakan kekeringan dalam tenggorokan dan kelembapan dari uap juga bisa melancarkan saluran pernapasan. Selain mandi, kamu juga bisa mengisi sebuah mangkuk besar dengan air hangat dan menutupi kepalamu dengan handuk untuk menjaga uap hangat tidak keluar dari mangkuk. Tarik napas dalam-dalam dan ulangi beberapa saat untuk meredakan sakit di tenggorokanmu.


Lemon

Lemon juga bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dari bahan alami. Campurkan 1 sendok teh jus lemon dan sedikit garam ke dalam secangkir air hangat, kemudian berkumurlah selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Properti astringent yang terdapat dalam jus lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.


Teh Madu + Lada Hitam

Jika kamu mengalami batuk berdahak, campurkan satu sendok teh lada hitam, dua sendok makan madu, dan air mendidih. Biarkan selama 15 menit, saring, kemudian minum. Lada berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi pernapasan dan madu akan melegakan ternggorokan serta meredakan batukmu.


Teh Jahe

Jahe juga bisa digunakan untuk meredakan flu dan batuk karena properti antihistamin dan dekongestan yang dimilikinya. Kamu bisa membuat teh jahe dengan menambahkan 12 irisan jahe ke dalam 3 gelas air mendidih. Biarkan selama 20 menit, minumlah jahe tanpa gula dan madu. Minum jahe dengan rasa aslinya untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.


Istirahat

Istirahat adalah obat terbaik yang dapat kamu lakukan untuk meredakan flu dan sakit tenggorokan. Istirahat yang cukup dapat membantumu meningkatkan sistem imun yang akan membantu untuk sembuh lebih cepat. Selain itu, jangan lupa untuk mengistirahatkan suaramu sebagai pilihan lain untuk obat sakit tenggorokan.

Bagikan
Artikel Terkait