You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata


Mata adalah salah satu organ tubuh yang digunakan hampir setiap saat dengan intens, seperti untuk berkendara dalam waktu yang panjang, membaca, atau bekerja di depan komputer. Seiring bertambahnya usia, fungsi mata akan melemah. Untuk menghindari penurunan fungsi mata, yuk lakukan hal-hal ini untuk menjaga mata tetap sehat!


Makanan Sehat

Biasakanlah untuk makan makanan sehat dengan kandungan gizi yang baik untuk mata, utamanya adalah sumber makanan yang mengandung tinggi asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid seperti seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden). Tidak hanya baik untuk mata, tapi juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.


Menyingkirkan Make–up Lama

Bagi para kaum wanita, perhatikan mak-upmu, Vb smarter’s! Bakteri dapat tumbuh dengan mudah pada make-up tools dan produk make-upmu, terutama pada pada produk riasan mata bentuk cair atau krim. Selalu teliti untuk tidak memakai make-up kadaluarsa milikmu dan segera membuangnya. Meminjam dan meminjamkan alat dan produk make up juga tidak disarankan karena beresiko menyebarkan bakteri. Pastikan juga untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah kamu memakai make-up.


Gunakan Suglasses di Luar Ruangan

Tidak hanya kulit, mata juga perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet matahari. Dalam jangka panjang, radiasi berlebihan dari sinar matahari ke mata dapat mengakibatkan katarak, degenerasi makula, kornea terbakar dan bahkan kanker mata. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kacamata hitam saat cuaca terik atau bahkan saat mendung sekalipun, Gunakan kacamata hitam yang dapat memblokir sinar UVA dan UVB, serta kenakan topi ketika berjalan-jalan di siang hari.


Stop Merokok

Concept of stop smoking with bunch of cigarettes over black backdrop

Tidak hanya berbahaya untuk jantung dan paru-paru, rokok juga berdampak buruk pada penglihatanmu. Perokok aktif berisiko lebih tinggi untuk mengalami degenerasi makula, katarak, uveitis, bahkan kebutaan. Sebaiknya kurangi dan segera berhentilah merokok untuk menjaga kesehatan mata sebelum terlambat. Jika kamu bukan perokok, hindarilah paparan asap rokok dari orang sekitar, karena menjadi perokok pasif (secondhand smoker) bisa jadi sama berbahayanya dengan perokok aktif.


Bagikan
Artikel Terkait