You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Cokelat Mengandung 5 Manfaat Ini, Lho!


Berapa banyak cokelat yang kamu dapat di hari Valentine kali ini? Selain rasanya yang lezat, ternyata banyak lagi lho manfaat yang bisa kamu dapat dari cokelat. Apa aja sih manfaatnya? Yuk simak di bawah ini!


Menjadi Mood Booster

Sugesti bahwa mengonsumsi cokelat bisa memperbaiki mood terbukti benar, lho! Peneltian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat membuat tubuh menghasilkan beberapa neurotransmiter yang berdampak positif bagi manusia seperti serotonin dan phenylethylamine (PEA) yang dapat meningkatkan produktivitas dan memotivasi kinerja mental yang lebih baik. Senyawa PEA juga sering disebut sebagai “the love drug” karena efeknya sama seperti saat kamu sedang jatuh cinta. Mungkin hal itu juga menjadi salah sebab dari tradisi menghadiahi cokelat di hari Valentine.


Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi dark chocolate membantu melindungi kulit dari sinar UV, melancarkan aliran darah di jaringan kulit, serta menghidrasi kulit. Flavanol juga mampu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dengan mengurangi hormon penyebab stres yang bisa merusak kolagen kulit.


Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya lezat dikonsumsi, ternyata cokelat juga membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan penyakit kardiovaskular, stroke, dan demensia. Flavanol dan magnesium yang menjadi pemeran utama dalam memperbaiki fungsi vaskular dan menurunkan tekanan darah.


Meningkatkan Daya Ingat

Apakah kamu adalah orang yang pelupa? Mengonsumsi cokelat bisa menjadi salah satu obatnya. Flavanol yang terkandung di cokelat mampu meningkatkan fungsi area otak yang menghubungkan daya ingat. Zat ini juga membantu melancarkan aliran darah ke otak, mencegah peradangan, dan mengurangi risiko demensia serta penyakit alzheimer.


Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Peneliti Inggris menganalisa kaitan antara cokelat dan kesehatan kardiovaskular, kemudian mereka menyimpulkan bahwa rutin mengonsumsi dark chocolate memiliki resiko sakit jantung 37 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak. Magnesium dan flavanol dalam dark chocolate meningkatkan sistem kardiovaskular dengan menjaga pembuluh darah tetap lancar dan mengatur denyut jantung

Bagikan
Artikel Terkait